Tuesday, April 23, 2013

Hari Bumi di Indonesia (email dari sahabat bumi)

(walau sudah lewat sehari), Selamat Hari Bumi! 

Tau ga? Hari Bumi yang kita rayakan kemarin itu, sudah ada sejak 43 tahun lalu. Sejak itu, gerakan global lingkungan hidup berkembang. Hari bumi bukan saja hal global, tapi juga lokal. Hal-hal sesederhana menggunakan plastik lebih sedikit, mengurangi konsumsi barang, menggunakan transportasi publik atau bersepeda ke kantor adalah hal-hal yang membantu usaha pelestarian, bukan hanya pada hari bumi, tapi hari ini, dan setiap hari. Simak ya beberapa kampanye lingkungan hidup ini. Kalau sudah diparaf, jangan lupa disebar! :) 

 #SaveBabakanSiliwangi

“Hutan Kota Bandung akan berubah jadi hutan beton” kata Forum Warga Peduli Babakan Siliwangi. Padahal 2011 lalu, Baksil dicanangkan sebagai “Hutan Kota Dunia” pada konferensi UN Environment Program. Mari desak Walikota untuk batalkan perizinan PT. EGI, yang mau dirikan restoran dan sarana-sarana komersil. 

 #SaveBaliMangrove 


 Kekal Bali menyadari, Hutan Bakau kawasan TAHURA Ngurah Rai adalah benteng terakhir yang mencegah polusi air, interusi air laut, bahkan memitigasi Tsunami. Gubernur malah memberi izin pada PT. TRB selama 75 tahun yang berencana membangun 75 penginapan, 8 restoran, dan lainnya. Yuk desak Gubernur Bali untuk mencabut izin. 


#SelamatkanAceh 



 Jumlah dukungan kampanye penyelamatan 1,2 juta hektar hutan Aceh hampir mencapai 20 ribu. Namun Menhut berencana menyetujui RTRW yang dianggap amat merusak ini. East Asia Minerals, perusahaan tambang emas di Aceh telah menyatakan bahwa ini adalah “berita bagus”. Ayo kita selamatkan hutan Aceh! Artikel ABC News dapat dilihat di sini. 

#DietPlastik 



 Petisi yang dimulai Tiza Mafira telah alami kemajuan. Kampanye gabungan Greeneration, WWF, dan The Bodyshop ini menembus 5000 orang, termasuk Wimar Witoelar, Rachel Amanda, Laura Muljadi, dan lainnya. Kata Tiza, langkah berikutnya: bawa petisi ke Jokowi, “tapi tandatangannya harus lebih banyak!” Ayo kita dukung Tiza. Semua petisi ini adalah usaha menjaga bumi kita. Kalau masih ragu dengan keindahan Bumi Indonesia, cek aja video ini :) Sekali lagi, selamat hari bumi semuanya!

Sekali lagi, selamat hari bumi semuanya! 



Nadine Chandrawinata 

anda juga dapat mengetahui info lebih lanjut di change.org